Selamat datang di steelindonesia.com,  Join free | Sign in 
 
Berita Seputar Industri Besi dan Baja

Bebas PPN, Angkutan Umum Bisa Lebih Murah

Selasa, 12 Juni 2012

Oleh: MARTINA PRIANTI & NURMAYANTI

JAKARTA (IFT) - Pemerintah memberikan insentif fiskal berupa pembebasan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) kepada jasa angkutan umum di darat dan di air yang rata-rata sebesar 10%. Pemberian fasilitas bertujuan memberikan biaya yang lebih murah bagi pengguna jasa angkutan umum.

Bambang PS Brodjonegoro, Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan, mengatakan kebijakan pemerintah tersebut tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 80/2012 tentang Jasa Angkutan Umum di Darat dan Jasa Angkutan Umum di Air yang Tidak Dikenai PPN. "Dengan kebijakan ini, pemerintah berharap angkutan umum dapat lebih murah tentunya," kata Bambang kepada IFT, Senin.

Menurut Bambang, pemerintah berharap  tarif angkutan umum yang lebih murah akan membawa dampak lanjutan, seperti harga barang-barang  yang lebih terjangkau oleh masyarakat. Selama ini, angkutan darat dan air masih menjadi transportasi utama angkutan masyarakat maupun logistik. 

Salinan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 80/2012 yang diterbitkan pada 29 Mei 2012 menyebutkan jasa angkutan di darat yang  bebas PPN adalah jasa angkutan umum di jalan dan jasa angkutan umum kereta api. Jasa di jalan yang dimaksud, merupakan kegiatan pemindahan orang dan atau barang dari suatu tempat ke tempat lain dengan menggunakan kendaraan angkutan umum di ruang lalu lintas jalan, dengan dipungut bayaran.

Sedangkan yang dimaksud jasa angkutan kereta api, adalah kegiatan pemindahan orang dan atau barang dari suatu tempat ke tempat lain dengan menggunakan Kereta Api, dengan dipungut bayaran.  

Di sisi lain, jasa angkutan umum di air yang bebas PPN meliputi jasa angkutan umum di laut, jasa angkutan umum di sungai dan danau, serta jasa angkutan umum penyeberangan. Salinan peraturan menyebutkan jasa angkutan umum di laut merupakan kegiatan pemindahan orang dan atau barang dari suatu tempat ke tempat lain dengan menggunakan kapal, dalam satu perjalanan atau lebih dari satu perjalanan, dari suatu pelabuhan ke pelabuhan lain, dengan dipungut bayaran.

Jasa angkutan umum di sungai dan danau merupakan kegiatan pemindahan orang dan atau barang dari suatu tempat ke tempat lain dengan menggunakan kapal, yang dilakukan di sungai, danau, waduk, rawa, banjir kanal, atau terusan, dengan dipungut bayaran. Jasa angkutan umum penyeberangan merupakan kegiatan pemindahan orang dan atau barang dari suatu tempat ke tempat lain dengan menggunakan kapal, yang berfungsi sebagai jembatan yang menghubungkan jaringan jalan dan/atau jaringan jalur kereta api yang dipisahkan oleh perairan, dengan dipungut bayaran.

"Bebas PPN yang dimaksud, tidak termasuk dalam pengertian jasa angkutan umum di darat dan di air, tidak termasuk yang menggunakan kerata api atau kapal  disewa atau yang di-carter," kata Bambang.

Selama ini, aturan mengenai jasa angkutan umum di darat dan di laut yang bebas PPN, diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 28/PMK.03/2006. Hanya saja, dalam aturan itu belum diatur mengenai teknis definisi jasa angkutan umum.

Natsir Mansyur, Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Bidang Perdagangan, Distribusi dan Logistik, mengatakan pengusaha menyebut baik pembebasan PPN yang diterbitkan pemerintah. "Selama ini kalau berinvestasi, lama pengembalian atau memperoleh untungnya, jika ada pembebasan pajak seperti ini maka beban produksi kami bisa berkurang," kata Natsir.

Andriansyah YP, Sekretaris Jenderal Dewan Pimpinan Pusat Organisasi Angkutan Darat (DPP Organda) mengaku belum mengetahui detail perihal aturan ini. Namun yang pasti aturan akan memberikan dampak baik bagi pengusaha. "Pada tahun ini pertumbuhan angkutan penumpang darat diperkirakan tumbuh 2% dari tahun lalu yang mencapai 35.200," jelasnya.(*)

IFT

Steel News
SteelBB

SBB writes original, independent, global steel news and steel price information. We produce steel industry reports, conduct bespoke research, create maps and hold steel industry events around the world.


Metal Bulletin

Metal Bulletin is the leading source of the very latest global steel and metals market news, prices and expert analysis


Steel Guru

Online billet price in India, Tmt Bar Price, Rebar price, HDG, Galvanized Price in India, Cr Coil Price, cold Roll Prcie, Hr coil Price, iron ore Prcie


Steel.org

American Iron and Steel Institute


World Steel

World Steel Association


MEPS (International) LTD

MEPS (International) LTD is a leading consultancy company operating in the steel sector worldwide.


Steel Orbis

SteelOrbis is a unique e-marketplace and market intelligence provider that offers up-to-date news on the steel industry and steel trading from one single source.


Share |

Komentar Anda :



Info terkait :